Apakah Benar Ada Isu Pemalsuan Kitab (Tahrif) ?


Saya tuliskan beberapa point penting isi dari Seminar Nasional "Apakah benar ada isu Tahrif kitab ?" yang diselenggarakan di Universitas Islam Indonesia Oleh Tokoh-tokoh Islam nasional.
Pada:
Seminar Nasional "Apakah Ada Isu Pemalsuan Kitab / Tahrif?"
Ahad, 1 Mei 2016 : 08.00-12.00 WIB
AUDITORIUM FAKULTAS KEDOKTERAN LT. 1
Universitas Islam Indonesia
Pembicara:
1. KH Thobary Syadzily
Tahrif Kitab Aqidah Ahlus Sunnah Waljamaah dan Tahrif Tafsir Showi
2. Dr. KH Tengku Zulkarnen
Tahrif Syarah Kitab Hadist dan Terjemahan Al Quran
3. Drs. Asmuni, MTH, MA
Periodisasi Gerakan Tahrif dan Metodologi Pembuktian Tahrif
4. dr. Syaefudin Ali Akhmad, MSc, CHRM
Aspek Bioetik Publikasi dan Penerbitan Kitab dan Isu Tahrif Kitab Kedokteran Nabi Sehingga Muncul Gerakan Kontra Vaksinasi

TAHRIF TERHADAP KITAB, Memang Isu ini Benar ::

•Tahrif merupakan pengurangan atau pengubahan, terhadap suatu kitab atturat sehingga isi dari kitab telah berubah baik sebagian besar atau sebagian kecil, ini bertujuan untuk menyebarkan suatu maksud (faham) yang sengaja diselipkan oleh pen-tahrif.

•kitab atturat adalah kitab klasik mahakarya para ulama' terdahulu yang shalih, biasa dikaji di pesantren" dan beberapa universitas islam (orang2 menyebutnya "kitab kuning"). Kitab ini adalah sumber dari Ijma' maupun Qiyas para Ulama' yang mana Ijma' dan Qiyas masuk di dalam Ushulil Islam setelah Al-Qur'an dan Hadist.

•Tahrif telah membuat kitab atturat tidak kredibel lagi, karena isi kitab yg telah ditahrif justru bertentangan terhadap ke-originalitas dari pengarangnya.

•Pen-Tahrifan kitab acap kali dilakukan oleh Ulama'2 berfaham Salafi Wahhabiyyah. Ini memang mereka lakukan agar wahabisme bisa tersebar melalui kitab yang telah mereka tahrif.

•Tahrif dilakukan hanya terhadap Kitab" yang bertentangan dengan sekte salafi wahhabi, karena wahabisme tidak akan tersebar bila ada kitab" para Ulama' Shalafusshalih yang menentangnya.

•Kitab Atturat yang telah di-Tahrif kebanyakan berasal dari cetakan Arab dan beberapa percetakan lain yang mendukung tersebarnya faham wahhabi (di Indonesia juga ada beberapa).

•Telah terjadi pen-Tahrifan terhadap sekitar 300 kitab atturat. Beberapa Kitab yang telah di-Tahrif diantaranya: -Kitab Al-Ghunya -Kitab Fathulbari -Kitab Tafsir Ashofi -Kitab Al-Mumassalah -Kitab2 Tafsir Al-Qur'an -Kitab2 Hadist.

•Bahwa kita harus lebih selektif lagi dalam belajar Islam, kenali kitab dengan melihat sampulnya, utamakan kitab yang hanya tertulis nama asli pengarangnya. Pelajari Kitab dengan Guru yang memang kompeten dan tahu betul asa usul kitab. Hindari kitab yang tertulis "di Tahrif, di Tahqiq, di Syarah" oleh....".

Masih banyak sekali yang belum saya tuliskan namun ini yang saya kira paling pokok. Semoga bisa menjadi bahan pembelajaran agar kita sebagai Remaja muslim produktif lebih selektif dalam belajar islam agar ilmu kita sesuai dengan keontentikan dan kredibilats ajaran Islam yang sesuai dengan Ulama' Shalafusshalih, ulama" pewaris para nabi. Maturnuwun.
(Wallahua'lam bisshowab)

Oleh: Nurul Fikri Ilham Pratama

📲Share ! #Halaqahaswaja~ ¤monggo bisa di-Save, gunakanlah sebagai bahan pembelajaran dan bekal buat pembelajaran materi kajian selanjutnya, dan yang mau tanya perihal keislaman kapanpun kita persilakan maturnuwun. 🙏🏼

STEMBAYO ONLY !!!!!
Masih bingung..? Mau tanya perihal Keislaman Aqidah, Akhlaq, Fiqh, Tajwid, Tarih dan Mu'amalah yang lain..? kirim pertanyaan anda dengan format:
Nama(spasi)Kelas/Jurusan(spasi)Halaqah(spasi)Pertanyaan anda.

Lalu kirimkan ke:


  1. Via SMS: 089604040198
  2. Via BBM: 22CB5E41
  3. Via WA : 089604040198
  4. Via FB : https://www.facebook.com/gusilhampratama/